Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

595 mahasiswa KKN dilepas Rektor Unkriswina

Waingapu, 15 Juli 2019. 595 mahasiswa KKN dilepas Rektor Unkriswina, Pdt. Norlina R.J. Kalunga, S.Si (Teol), M.Si dalam Pelepasan Peserta Kuliah Kerja Nyata (Tematik), Senin, 15 Juli 2019 di aula Unkriswina. Pelepasan dihadiri Dosen Pendamping Lapangan dan mahasiswa peserta KKN 2019. KKN Unkriswina 2019 bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa" Dalam Rangka Menuju Desa Wirausaha Terintegrasi berlangsung 15 Juli - 19 Agustus 2019 diikuti mahasiswa KKN dari 10 Program Studi yang ada di Unkriswina.

Dalam Sambutannya, Rektor mengatakan Dasar Penyelenggaraan Perguruan Tinggi adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu implementasi dalam melaksanakan tugas Tri Dharma – Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mengacu dalam Permenristekdikti No. 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) terdapat 3 komponen utama yaitu : 1. FPK (Fokus Pada Keilmuan), 2. KSK (Ketrampilan Sebagai Komplemen), 3. PPI (Pengalaman Praktek Intensif. KKN termasuk implementasi dari PPI, (Pengalaman Praktek Intensif). Rektor menambahkan, yang menentukan seorang mahasiswa KKN berhasil adalah apa yang sudah dilakukan di masyarakat selama masa KKN. Tentunya dibimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Hari ini Rektor melepas peserta KKN dengan menggunakan Jas Almamater. Ini adalah simbol bahwa didada seorang mahasiswa KKN dimanapun berada selalu membawa nama Unkriswina, sehingga sepatutnya nilai – nilai Unkriswina menjadi ciri pribadi mahasiswa tersebut. Melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Pendidikan secara teori sudah didapatkan di kelas dan saatnya mahasiswa terjun langsung di masyarakat mempraktekkan ilmu yang telah didapat dan menjadi garam dan terang dunia. 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unkriswina, Siti Suryani, SE, M.S.A sebagai penyelenggara KKN mengatakan KKN Unkriswina 2019 tersebar di 40 desa lokasi di Sumba dengan 1 orang DPL per lokasi Desa. LPPM telah berkoordinasi dengan masing - masing Kepala Desa tempat dilakukannya KKN, desa tersebut diantaranya :

1. Laipandak                     11. Lailunggi                    21. Kalamba                   31. Ole Ate
2. Kakaha                         12. Tarimbang                 22. Mbatapuhu                 32. Manuwolu
3. Tamma                         13. Lailara                      23. Padiratana                 33. Rua
4. Nangga                         14. Lukuwingir                 24. Prai Karoku                34. Kabukarundi
5. Kananggar                     15. Maubokul                   25. Mbilur Pangadu           35. Malata
6. Praikalala                      16. Mondulambi                26. Okawacu                   36. Patela Bawa
7. Tamburi                        17. Watumbelar                27. Dasa Elu                   37. Tanarara, Loli
8. Waimarang                    18. Pulupanjang                28. Waimanu                   38. Waikelo Sawah
9. Tanarara                       19. Mondu                       29. Dameka                     39. Wee Patando
10. Kamanggih                   20. Lukukamaru               30. Maderi                       40. Ramadana