Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Program Asuh Perguruan Tinggi Unggulan Tahun 2018 Kerjasama Universitas Kristen Petra Surabaya Dan Universitas Wira Wacana Sumba

Lokakarya SPME tahun 2018

Waingapu, 7 Agustus 2018, bertempat di kampus Unkriswina Sumba, digelar Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Ekternal (SPME) yang merupakan bagian dari kegiatan Program Asuh Perguruan Tinggi tahun 2018,  berlangsung tanggal 7 – 9 Agustus 2018 dengan 2 Narasumber dari Universitas Kristen PETRA Surabaya, Drs. Heri Saptono W, M.Si dan Ir. Hanny Hosiana Tumbelaka, M.Sc. Ph.D. Lokakarya dibuka oleh Rektor Unkriswina, Pdt. Norlina R.J, Kalunga, S.Si(Teol), M.Si

Lokakarya SPME tahun 2018

Rektor Unkriswina menjelaskan, untuk meningkatkan status akreditasi pada Program Studi – Program Studi menuju Perguruan Tinggi yang unggul sesuai standar mutu dan kualitas yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), maka dilakukan lokakarya SPME yang adalah bagian dari Program Asuh dari Perguruan Tinggi Unggulan.

Kegiatan ini adalah keempat kalinya diadakan, kegiatan pertama, kedua dan ketiga telah dilaksanakan di Surabaya yang difasilitasi oleh Universitas Kristen PETRA. Minggu depan akan dilanjutkan dengan kegiatan tahap lima. Rektor Unkriswina sebagai pimpinan sangat bersyukur dengan terpilihnya Unkriswina menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang diasuh oleh Perguruan Tinggi berkategori unggul di Indonesia. Terlebih beberapa bulan kedepan, Unkriswina akan melakukan reakreditasi untuk Program Studi yang ada, sehingga membutuhkan persiapan – persiapan dan pendampingan dari Perguruan Tinggi Unggulan.

narasumber memberikan materi dalam SPME tahun 2018

Lokakarya SMPE dilatar belakangi dari realitas kurang / tidak tercapainya standar minimum Program Studi pada saat menyusun pengisian pada instrument akreditasi. Dalam kurun waktu 5 tahun setelah dikeluarkannya status Akreditasi, Program Studi tidak melakukan aktivitas / kegiatan untuk melakukan perbaikan untuk pencapaian standar. Akibatnya pada saat reakreditasi tidak banyak kegiatan / data yang dapat dipakai untuk meningkatkan status akreditasinya. Dengan dilakukan assessment akreditasi secara rutin setiap tahunnya, akan lebih mudah diketahui komponen yang belum memenuhi standar.

Seperti termuat dalam TOR kegiatan tujuan diadakan 1) Perguruan Tinggi Asuhan dapat mengevaluasi Program Studinya masing – masing terkait standar / kinerja apa saja yang pencapaian mutunya belum memenuhi standar yang diharapkan. 2) Perguruan Tinggi Asuhan dapat membuat rencana tindak (actioan plan)  untuk mencapai standar mutu yang telah ditetapkan. 3) Perguruan Tinggi Asuhan dapat mempersiapkan diri untuk melakukan reakreditasi khususnya yang masih terakreditasi C.

Lokakarya SMPE diadakan di Unkriswina sebagai PT. Asuhan yang diikuti oleh Pimpinan Fakultas, Pimpinan Prodi dan Task Force Akreditasi setiap prodi. Setelah mengikuti lokakarya, Task Force Akreditasi Prodi mengisi Assesment  instrumen Akreditasi yang terakhir dengan data – data pendukung. Hasil Assesment dipresentasikan dihadapan peserta lokakarya dan narasumber untuk dievaluasi. Kemudian Task Forse Akreditasi ditugaskan membuat  Actioan Plan Reakreditasi supaya akreditasi meningkat. Hasil penyusunan Action Plan Reakreditasi akan diberikan masukan oleh narasumber dan dievaluasi yang kemudian diimplementasikan sampai waktu reakreditasi dilaksanakan.

Sesuai rundown kegiatan, lokakarya berlangsung 3 hari, 7 – 9 Agustus 2018 dari jam 08.00 – 18.00 wita dengan materi – materi sesuai Standar Akreditasi. Proses Akreditasi pada setiap Prodi disetiap Perguruan Tinggi tidak bersamaan, dengan demikian apabila SPME dan Assesment Akreditasi dilaksanakan secara rutin setiap tahun, maka peningkatan mutu dapat terus berkelanjutan dibawah koordinasi Unit Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Asuhan. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SMPI) pada tanggal 14 – 16 Agustus 2018 di kampus Unkriswina yang juga bagian dari Program Asuh perguruan Tinggi Unggulan tahun 2018.

Task Force Akreditasi Prodi Ekonomi Pembangunan

 

Task Force Akreditasi Prodi Manajemen

 

Task Force Akreditasi Prodi Pendidikan Matematika

 

Task Force Akreditasi Prodi Pendidikan Biologi

 

Task Force Akreditasi Prodi Agribisnis

 

Task Force Akreditasi Prodi Agroteknologi

 

Task Force Akreditasi Prodi Hukum

 

Task Force Akreditasi Prodi Peternakan

 

Task Force Akreditasi Prodi Teknologi Hasil Perikanan

 

Task Force Akreditasi Prodi Teknik Informatika