Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

SEMINAR NASIONAL “ PEMBANGUNAN DAERAH NTT, PELUANG DAN TANTANGAN’ UNIVERSITAS KRISTEN WIRA WACANA SUMBA

ke tiga pembicara Seminar Nasional dipandu moderator

Kampus UNKRISWINA : 7 Maret 2018 bertempat di Aula kampus diselenggarakan Seminar Nasional, tema yang diangkat adalah ‘Pembangunan Daerah NTT, ‘Peluang dan Tantangan’. Seminar menghadirkan 3 pembicara nasional yang pakar dibidangnya masing – masing.

Pimbicara 1 : Prapto Yuwono, SE, MM dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Topik yang dibawakan “Tantangan Pembangunan NTT”

Pembicara 2 : Dr. Muana Nanga, SE, MS, dosen Universitas Presiden, Jakarta. Topik yang dibawakan “ Membangun Ekonomi Lokal Melalui Kerjasama Ekonomi Antar Daerah”

Pembicara 3 : Dr. Maklon F. Killa, SE, M.Si, dosen Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Topik yang dibawakan “Integrasi Industri Kreatif dan Pariwisata”

Seminar dibuka oleh Rektor UNKRISWINA, Pdt. Norlina R.J. Kalunga, S.Si (Teol), M.Si dan dihadiri civitas akademika UNKRISWINA, meliputi mahasiswa dan dosen dari berbagai Program Studi.

Rektor UNKRISWINA membuka Seminar Nasional  'Pembangunan Daerah NTT, Peluang dan Tantangan'

 

Dalam pemaparannya Prapto Yuwono, SE, MM mengatakan Pembangunan dilihat bukan hanya dari sisi Ekonomi saja, tetapi dilihat dalam arti luas, dapat dilihat dari sisi sosial, budaya, ekonomi, keilmuan dan lain sebagainya. Pembangunan merupakan proses dari kondisi lama menuju ke baru. Tetapi bukan berarti yang lama tidak baik, kalau yang lama baik harusnya  perlu dipertahankan sebaliknya kalau yang lama tidak baik haruslah dilakukan perubahan. Kendala dalam pembangunan yang sering kali ditemukan adalah permasalahan Infrastuktur dan elektrik.  Permasalahan ini sangat perlu diselesaikan secara khusus dan serius.

Prapto Yuwono, SE, MM saat memaparkan materi

Dalam Pemaparannya Dr. Muana Nanga, SE, MS mengatakan dalam Membangun Ekonomi lokal penting sekali menjalin kerjasama antar Daerah. Salah satunya antar Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Daerah lain. Saling mengetahui potensi daerah masing – masing dan bersinergi dalam menuju pengembangan Pembangunan Regional. Daerah masing – masing mengidentifikasi potensi maupun kelemahan yang dimiliki dan saling melengkapi dengan daerah lain sehingga pembangunan dapat berjalan menuju kearah yang baik. Kerjasama Ekonomi antar daerah ini perlu di terus dijalin dengan baik.

Dr. Maklon F. Killa, SE, M.Si saat memaparkan materi

Dr. Maklon F. Killa, SE, M.Si menambahkan dalam pemaparannya bahwa Pariwisata dan Industri Kreatif menjadi peluang bagus yang perlu dikelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah, Steakeholder dan Investor. Daerah – daerah dengan potensi Pariwisata masih dibiarkan tidur dan belum dikelola dengan baik, padahal ketika dengan serius di kelola dengan baik dapat menjadi sumber pemasukan dan dapat meningkatkan pembangunan.

peserta seminar, dosen dan mahasiswa UNKRISWINA

 

sesi pertanyaan oleh mahasiswa

 

sesi pertanyaan oleh mahasiswa

Setelah pemaparan ke tiga pembicara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh beberapa mahasiswa yang antusias mengikuti materi yang dibawakan pembicara. Seminar ditutup dengan beberapa kesimpulan materi – materi dari moderator Umbu Ho Ara, SE, M.Si.

poster Seminar Nasional