Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Kompetisi Debat Ilmiah Hukum Antar Angkatan Prodi Hukum Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Waingapu, Program Studi Hukum Unkriswina Sumba memiliki agenda tahunan yaitu kompetisi debat hukum antar angkatan. Debat ini diikuti oleh 11 tim yang berasal dari seluruh angkatan Program Studi Hukum. Adapun tema dalam debat ilmiah kali ini adalah "Menciptakan Mahasiswa Prodi Hukum Unkriswina Sumba" yang Unggul dalam Penguasaan Keilmuan Hukum Berbasis Konteks Lokal, Legal Ethic, Interprestasi Hukum, Penemuan Hukum dan Kesetaraan Gender melalui Penalaran Hukum (Legal Reasioning) yang argumentatif.

Menurut Ketua panitia Fransiskus Saverius Nurdin, MH bahwa kegiatan ini memiliki satu tujuan pentingnya mahasiswa/i hukum memiliki kemampuan penalaran hukum yang baik. Beliau melanjutkan bahwa pada kegiatan ini melibatkan mahasiswa untuk menjadi panitia pelaksana dengan tujuan agar mereka belajar bekerja dan juga bertanggungjawab dengan tugas yang diberikan.

Kegiatan debat ilmiah ini dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Hukum Unkriswina, Rambu Hada Indah, SH., M. Hum beliau berpendapat bahwa dengan kegiatan ini program studi hukum dapat terbantu untuk berkembang sehingga mahasiswa dapat melakukan penalaran hukum dengan baik dan benar.

Adapun jumlah tim yang mengikuti kegiatan debat ilmiah hukum sebnayak 11 tim yang berasal dari seluruh angkatan (2016-2020) program studi hukum.

Menurut Rambu Susanti Mila Maramba, SH. MH selaku co-koordinator SLEEI Unkriswina Sumba mengatakan bahwa dasar dilaksanakan kompetisi debat ilmiah hukum antar angkatan prodi hukum merupakan serangkaian program kegiatan SLEEI yang telah disusun. Hal ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa sebagai lulusan yang memiliki kemampuan dalam bernalar secara hukum dan melakukan pengembangan/penguatan pendidikan hukum di Indonesia. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Unkriswina Sumba Prodi hukum dengan Van Vollenhoven Institut, Universitas Leiden Belanda dalam hal ini masuk dalam program Streingthening Legal Education Eastern Indonesia (SLEEI).

Rambu Susanti sebagai Co-koordinator SLEEI berharap, kegiatan kompetisi debat ilmiah hukum antar angkatan Unkriswina Sumba dapat menghasilkan mahasiswa yang bisa berpikir kritis dengan berlandaskan visi misi Unkriswina Sumba sehingga menghasilkan lulusan yang inovatif, berkepribadian dan mandiri tentu akan siap bersaing diera revolusi industri 4.0.

Tim Juri dalam debat adalah para dosen di program studi hukum yaitu  Rambu Susanti Mila Maramba, SH, MH, Fransiskus Saverius Nurdin, SP., MH, Rambu Hada Indah, SH, M.Hum, Raymond Armando Letidjawa, SH,MH dan Pajaru Lombu, SH.MH.             

 ditulis oleh : Rambu Susanti Mila Maramba, SH. MH