Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Kuliah Umum " Demokrasi " Prodi Hukum Unkriswina dan Sosialisasi Pemilu Serentak Tahun 2019 oleh KPU Sumba Timur

Pembicara dan Moderator Kuliah Umum dan Sosialisasi Pemilu Serentak 2019

Tak selamanya diam itu emas, adalah kalimat pembuka oleh Ketua KPU Sumba Timur, Ir Robert Ganna, M.Si dalam sambutannya. Beliau mengatakan saat ini merupakan waktu yang baik untuk menyeleksi orang-orang yang potensial. Pesta Demokrasi Serentak pada 17 April 2019 dapat dijadikan momentum baik sehingga dengan sendirinya yang terpilih nantinya adalah orang – orang yang baik. Ini juga merupakan bentuk kepedulian mahasiswa berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu serentak 2019, turut mengawasi atau menjadi bagian didalamnya.

Ketua KPU Sumba Timur dalam pemaparannya tentang Pemilu Serentak 2019

 

Prodi Hukum Unkriswina mengkemas kegiatan menjadi Kuliah Umum dengan diskusi panel menghadirkan 3 pembicara antara lain, Pembicara 1. Pajaru Lombu, SH, MH (dosen Prodi Hukum),Pembicara 2. Ir. Robert Gana, M.Si (KPU Sumba Timur), dan Pembicara 3. Octavianus Landi, ST (KPU Sumba Timur) dengan tema “Demokrasi” diselenggarakan di Aula kampus Unkriswina, Rabu, 23 Januari 2019. Dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu - ilmu Sosial Dr. Yulita M. Pakereng, SE, MM. Dalam sambutannya Dekan FIS mengapresiasi kegiatan ini . “Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KPU Sumba Timur yang bersedia melakukan sosialisasi di Unkriswina Sumba. Memang kami sangat membutuhkan pencerahan terkait Pemilu serentak tahun2019 ini. Kesibukan kami dalam urusan perkuliahan sehingga urusan politik sedikit kami abaikan“. Saat Pemilu pertama kali diadakan langsung pada tahun 2009, kampus dalam hal ini para dosen – dosen pernah dilibatkan sebagai tim pemantau Pemilu Sumba Timur. Berharapnya pada Pemilu selanjutnya kampus dapat dilibatkan kembali sebagai penyelenggara maupun pemantau Pemilu Sumba Timur.

Dekan FIS Dr. Yulita M. PAkereng, SE, MM dalam sambutannya

Ketua KPU Sumba Timur, Ir. Robert Gana, M.Si dalam paparannya, menyebutkan bahwa partai politik yang ikut sebagai peserta Pemilu di Sumba Timur sebanyak 14 partai politik dengan jumlah calon legislatif sebanyak 378 orang. Dari 378 orang caleg akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Kabupaten Sumba Timur yang terbagi menjadi 4 Daerah Pilihan. Daerah Pemilihan (Dapil) I memperebutkan 8 kursi, Dapil II memperebutkan 7 kursi, Dapil III memperebutkan 7 kursi dan Dapil IV memperebutkan 8 kursi. Terdapat 740 TPS dengan 1.067 pemilih. Pemilu 2019 ini adalah pesta demokrasi yang pastinya akan melibatkan banyak orang, untuk itu peran aktif mahasiswa sangat dibutuhkan.

Antusias peserta Kuliah Umum dan Sosialisasi sangat tinggi, terbukti dengan banyakknya peserta yang mengajukan pertanyaan bagi narasumber. Diharapkan kegiatan ini bukan hanya saja dilakukan menjelang Pemilu saja tetapi dilakukan berkala untuk lebih membuka pikiran masyarakat, dan mahasiswa khususnya dalam dunia politik.

Pajaru Lombu, SH, MH dosen Prodi Hukum memberikan kuliah umum tentang Demokrasi

 

peserta Kuliah Umum dan Sosialisasi Pemilu Serentak 2019