Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Mata Kuliah KKN LPPM UNKRISWINA

KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari mahasiswa Universitas Kristen Wira Wacana Sumba (UNKRISWINA) diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) dari tanggal 19 Juli sampai 19 Agustus 2017 di 2 desa, yaitu Desa Kotak Kawau dan Desa Persiapan Yubuwai, Kecamatan Kahaungu Eti dengan 17 kelompok yang terdiri dari 153 mahasiwa, sedangkan di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang terdiri dari 6 kelompok dengan 29 mahasiswa.

 

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) terdiri dari 8 orangyang terbagi di Desa Kotak Kawau dan Desa Persiapan Yubuwai berjumlah 5 orang dengan 2 orang panitia, sedangkan di Desa Kuta berjumlah 3 DPL dengan 1 orang panitia.

 

Program serta kegiatan dilakukan dengan menjawab berbagai masalah yang dihadapai masyarakat setempat. KKN UNKRISWINA 2017 bertemakan “Menuju Desa Wirausaha Terintegrasi”, tema ini sejalan dengan arah dari Renstra serta visi dan misi UNKRISWINA.

 

Beberapa Kegiatan yang dilakukan adalah:

  1. Pembuatan Jembatan di RT 02 Desa Yubuwai, pembangunan jembatan dibuat untuk membantu warga dalah akses ke pasar yang lebih cepat dan efisien, karena di lokasi tersebut memiliki hasil pertanian dan perkebunan yang banyak.
  2. Pembuatan MCK (Mandi Cuci Kakus) di beberapa kampung khususnya di Desa Kotak Kawau. Hal ini didasari karena masyarakat belum memiliki kesadaran akan kesehatan mereka dan keluarnya sendiri.
  3. Pembuatan beden sayur-mayur, sebagai modal percontohan bagi masyarakat dan mahasiswa dan dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga di desa (Desa Kotak Kawau, Desa Persiapan Yubuwai dan Desa Kuta).
  4. Pembuatan kolam lele dan pengadaan bibit ikan lele di Desa Persiapan Yubuwai. Hal ini disebabkan kondisi air di desayang sangat besar, namun belum dimanfaatkan dengan baik.
  5. Seminar tentang kewirausahaan dan budaya membaca untuk anak kepada masyarakat Desa Persiapan Yubuwai.
  6. Berbagai perlombaan dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, seperti lomba bola voli antara RW dan lomba tarik tambang.

Seminar terkait wawasan hijau bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Kuta.