Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Biologi dengan Tema “Edukasi Dan Pembagian Sabun Cuci Tangan Cair Berbahan Dasar Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle L.) Dan Daun Mimba (Azadirachta Indica Juss.) Kepada Masyarakat”

Waingapu, Salah satu tindakan pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran infeksi virus Covid-19 saat ini yang dapat dilakukan adalah dengan cuci tangan secara teratur. Kegiatan cuci tangan selain menggunakan air bersih, juga membutuhkan sabun  yang dapat membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel di tangan, setelah bersentuhan dengan orang lain atau fasilitas umum di tempat keramaian.

Memperhatikan kondisi ini, dalam rangka memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dan turut berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Pulau Sumba khususnya Kabupaten Sumba Timur, Prodi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Wira Wacana telah melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu dengan membuat sabun cuci tangan (Handsoap) cair dengan memanfaatkan bahan lokal yaitu daun mimba dan daun sirih yang sudah dibuktikan pada penelitian-penelitian sebelumnya dapat membunuh bakteri, jamur dan virus. Sabun cuci tangan (Handsoap) tersebut akan dibagikan kepada masyarakat.

Proses pembuatan sabun cuci tangan (Handsoap) cair dilakukan Dosen bersama beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Dosen – dosen Prodi Pendidikan Biologi diantaranya, Erfy Melany Lalupanda, S.Pd., M.Pd., Vidriana Oktoviana Bano, S.Si., M.Pd., Riwa Rambu Hada Endah, S.S., M.Pd., Yohana Ndjoeroemana, S.Pd., M.Pd., Yohana Makaborang, S.Pd., Gr., M.Pd., Ospensius Kawawu Taranau, S.IP., M.Si., Anita Tamu Ina, S.Si., M.Si.bersama beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Maria Wanda, Natania Rambu Baba Niri, Agustinus Umbu Luwa Jongu, Damianus Ndamung Marambaawang.

Bahan local yang digunakan bahan sabun cuci adalah ekstrak daun mimba (Azadirachta indica Juss.) dan daun sirih (Piper betle L.). Pengukuran  pH Handsoap berada pada angka normal yaitu 6. Handsoap telah diujicobakan di lingkungan Unkriswina Sumba, dengan jumlah responden 73 orang. Sebanyak 69.9 % responden mengatakan bahwa handsoap tersebut terasa sangat lembut di kulit.

Pembagian Handsoap kepada masyarakat dilakukan 24 - 29 Agustus 2020 di 4 tempat berbeda yaitu: Kelurahan Matawai, Kelurahan Kamalaputi, Kelurahan Malumbi dan Desa Kiritana. Edukasi singkat disampaikan oleh Mahasiswa Unkriswina Sumba kepada Masyarakat tentang cara mencuci tangan yang benar lewat poster stiker yang dibagikan dan ditempel di beberapa tempat.

Penulis :  Vidriana Oktoviana Bano, S.Si., M.Pd