Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Tahun 2016

Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Tahun 2016

Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba telah menerapkan kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kurikulum ini adalah penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KKNI memiliki konsep bahwa Capaian Pembelajaran (CP) dapat digunakan untuk mengukur lulusan dari setiap program studi dari Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Dalam KKNI dosen atau pengajar bukan lagi sebagai pusat pembelajaran, melainkan mahasiswalah yang merupakan pusat pembelajaran. Dengan demikian, mahasiswa dituntut untuk lebih pro aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dosen atau pengampu matakuliah dapat menggunakan metode pembelajaran yang mendorong terciptanya pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.

Kegiatan pembelajaran tidak lagi hanya menggunakan kuliah tatap muka saja, tetapi juga disertai dengan tutorial, diskusi dalam kelompok-kelompok kecil, maupun pembelajaran langsung di lapangan. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang lebih mendalam tentang topik yang sedang dipelajari.