Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Profil Pendidikan Matematika

1.  Program Studi PENDIDIKAN MATEMATIKA
A.  Visi
Menghasilkan tenaga-tenaga ahli dan profesional yang memiliki kompetensi di bidang Matematika serta sikap yang kreatif, arif, dan berwawasan kewirausahaan.
B.  Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang pendidikan Matematika yang berlandaskan iman kristiani secara kreatif, inovatif, transformatif, dan arif.
  2. Melaksanakan penelitian yang relevan dengan perkembangan keilmuan di bidang pendidikan Matematika dan mempublikasikan hasilnya.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara kreatif dan inovatif sebagai wujud dari pengamalan ilmu pendidikan matematika dan ilmu-ilmu yang relevan.
  4. Membangun kerjasama sinergi dan kemitraan dengan lembaga-lembaga  lain untuk meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di program studi.
 C.  Tujuan
  1.  Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, transformatif, dan arif.
  2.  Menghasilkan penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pendidikan matematika dan terpublikasi di jurnal  maupun prosiding nasional dan internasional.
  3.  Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif di bidang pendidikan matematika dan ilmu-  ilmu yang relevan.
  4.  Menghasilkan kerja sama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga pendidikan dalam upaya peningkatan mutu program studi di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
D.   Profil Lulusan
  1.  Pendidik Matematika SMP/ SMA/ SMK
  2.  Edupreneur Matematika
2.      Rumusan Deskripsi Profil Lulusan  Pendidik Matematika SMP/ SMA/ SMK
 
Program Studi      : Pendidikan Matematika
 
Jenjang               : Strata 1 (S1)
 
Fakultas              : Ilmu - ilmu Sosial
 
Nama Dokumen    : Profil  Pendidik Matematika SMP/ SMA/ SMK Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (S1)

Program Studi Pendidikan Matematika

Pendidik Matematika SMP/ SMA/ SMK

Kemampuan Kerja

  1. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip pedagogi, didaktik matematika, dan keilmuan matematika dalam menyusun rencana pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip pedagogi, didaktik matematika, dan keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran yang kreatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS.
  3. Mampu memanfaatkan kearifan lokal dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan interaktif.
  4. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip dan teori-teori pendidikan.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar.
  3. Menguasai cara melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran.
  4. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  5. Menguasai konsep Matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan menengah dan kejuruan.

Kemampuan Manajerial

  1. Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan Matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan.
  2. Mampu mengelola sumber daya pendidikan Matematika, organisasi, dan mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara berrtanggung jawab kepada pemangku kepentingan.

Tanggung Jawab

Memiliki tanggung jawab yang kuat terhadap pencapaian hasil dari didaktik Matematika serta keilmuan Matematika dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi dalam kelas dan sekolah.

 

Program Studi   : Pendidikan Matematika

Jenjang           : Strata 1 (S1)

Fakultas          : Ilmu - Ilmu Sosial

Nama Dokumen   : Profil  Edupreneur Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika

Deskripsi Profil Lulusan dan Kemampuan Level 6 (S1)

Program Studi Pendidikan Matematika

Edupreneur Matematika

Kemampuan Kerja

  1. Mampu mengaplikasikan konsep kewirausahaan dalam keilmuan Matematika, dengan memanfaatkan IPTEKS.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep manajemen dalam keilmuan Matematika, dengan memanfaatkan IPTEKS.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik.
  2. Menguasai pengetahuan manajemen yang baik.

Kemampuan Manajerial

  1. Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan Matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan.
  2. Mampu mengelola sumber daya pendidikan Matematika, organisasi, dan mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara berrtanggung jawab kepada pemangku kepentingan.

Tanggung Jawab

Memiliki tanggung jawab yang kuat terhadap pencapaian hasil dari didaktik Matematika serta keilmuan Matematika dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi terhadap pembelajaran Matematika.