Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Pantai Tunduwai dan Mananga mburu

Pantai Tunduwai dan Mananga mburu, Waingapu - Sumba Timur.

Nama pantai tunduwai berasal dari nama sungai “luku tunduwai” atau “sungai tunduwai” karena pantai ini berada dekat dengan muara sungai tunduwai atau biasa disebut dengan nama mananga mburu, pantai ini sangat menjanjikan potensi pariwisata yang sangat besar jika dikelola dengan baik. Sampai dengan saat ini pantai tunduwai belum dikelola oleh pemerintah dan masih terbuka untuk umum, jadi jangan sampai anda sia-siakan kesempatan karena yang pasti anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Namun hal yang terpenting jika anda berkunjung dipantai ini adalah tidak tersedianya tempat penginapan dan lahan parkir serta makanan siap saji di sekitarnya dan akses ke rumah warga sekitarnya yang lumayan lauh, jadi anda harus mempersiapkan diri dengan baik seperti makanan dan sebagainya.

Pantai tunduwai belum tercemar oleh limbah industri maupun limbah rumah tangga dan masih sangat bersih. Anda dapat menikmati keindahan pantainya dan melihat ombak yang saling berkejaran sambil berjemur di atas pasir putih. Di pantai ini anda juga dapat menemukan banyak sekali kelelawar karena di daerah ini merupakan salah satu tempat habitatnya, warga lokal biasa berburu kelelawar pada siang hari di lokasi muara mananga mburu yaitu pertemuan antara sungai dan laut, tidak hanya itu saja potensi hasil lautnya juga sangat menjanjikan seperti ikan, lopster dan sebagainya.

Pantai tunduwai berada di kecamatan Pahunga lodu, laiwila, kabupaten Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur. Bagi anda yang berasal dari luar pulau sumba ingin ke tempat ini dapat menempuh menggunakan pesawat, kapal laut dan Bus. Jika anda ingin cepat maka bisa terbang dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar ke Bandara Mau Hau / Bandara umbu mehang kunda, Waingapu. Jarak Pantai Tunduwai dari Waingapu kurang lebih sekitar 110 km ke arah selatan. Kamu bisa menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan dari Waingapu untuk menuju ke Pantai Kalala. Ongkos kendaraan umum kurang lebih sekitar Rp. 20.000 s/d Rp. 30.000 dan Ongkos sewa kendaraannya berkisar antara Rp. 300.000 s/d Rp. 500.000,-


Rekomendasi :

Menikmati keindahan obyek wisata pantai kalala

Pesona pantai pesisir selatan watu parunu dan goa jepang, Sumba Timur, NTT

Video Dokumentasi Obyek Wisata Kabupaten Sumba Timur Full