Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Letak Geografis dan Administrasi Sumba Tengah

Letak Geografis dan Administrasi Sumba Tengah

Kabupaten  Sumba Tengah merupakan salah satu dari 21 Kabupaten yang ada di dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukota kabupaten yaitu Waibakul.

 

GEOGRAFIS DAN ADMINISTRASI

 

Pulau Sumba terletak di barat  daya Propinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya berjarak sekitar 96 km di sebelah selatan Pulau Flores, 295 km di sebelah barat daya Pulau Timor dan 1.125 km di sebelah barat laut Darwin Australia. Pulau ini berada pada busur luar kepulauan Nusa Tenggara, dan pada busur tersebut Pulau Sumba terletak antara Pulau Sumbawa dan Pulau Timor.  Secara astronomis Kabupaten Sumba Tengah membentang antara  119°24’56,26” – 120° 50″55,29” BT dan 9°20’38,31” LS – 9°50’38,86” LS. Luas Kabupaten Sumba Tengah adalah 1.869,18 km2.

 

Batas wilayah Kabupaten Sumba Tengah adalah :
1.  Sebelah Utara    :           Selat Sumba
2.  Sebelah Selatan :           Samudera Indonesia
3.  Sebelah Barat    :           Kabupaten Sumba Barat
4.  Sebelah Timur   :           Kabupaten Sumba Timur

 

Kabupaten Sumba Tengah terbagi atas 5 kecamatan dan 43 desa. 5 kecamatan di Kabupaten Sumba Tengah yaitu :

 

1. Kecamatan Mamboro dengan ibukota Mananga.
2. Kecamatan Katikutana dengan ibukota Waibakul.
3. Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat dengan ibukota Rita.
4. Kecamatan Umbu Ratu Nggay  dengan ibukota Lendi Wacu.
5. Kecamatan Katikutana Selatan.

 

TOPOGRAFI

 

Wilayah ini memiliki keunikan meskipun diliputi oleh kegersangan dengan curah hujan yang kurang, akan tetapi memiliki sungai-sungai maupun sumber-sumber mata air yang cukup. Sungai yang melewati wilayah Kabupaten Sumba Tengah adalah Bewi dan Pamalar. Dilihat dari aspek rona fisik tanah, wilayah dengan kemiringan lebih kecil dari 400 meliputi 38% sedangkan wilayah >400 meliputi 62%. Wilayah dengan ketinggian kurang dari atau sama dengan 500m dari permukaan laut yakni seluas 49 % dan lebih besar dari 500m sebesar 51% dari seluruh luas wilayah di Kabupaten Sumba Tengah.

 

IKLIM

 

Seperti halnya di tempat lain di Indonesia, di Kabupaten Sumba Tengah dan Propinsi Nusa Tenggara Timur hanya dikenal 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Pada bulan Juni sampai dengan September arus angin berasal dari Australia dan tidak banyak mengandung uap air sehingga mengakibatkan musim kemarau. Sebaliknya pada bulan Desember sampai dengan Maret arus angin banyak mengandung uap air yang berasal dari Asia dan Samudera Pasifik sehingga terjadi musim hujan. Keadaan seperti ini berganti setiap setengah tahun setelah melewati masa peralihan pada bulan April-Mei dan Oktober-Nopember. Walaupun demikian, mengingat Sumba Tengah dan umumnya NTT dekat dengan Australia, arus angin yang banyak mengandung uap air dari Asia dan Samudera Pasifik sampai di wilayah sudah berkurang yang mengakibatkan hari hujan di Sumba Tengah lebih sedikit dibandingkan dengan wilayah yang lebih dekat dengan Asia. Hal ini menjadikan Sumba Tengah sebagai wilayah yang tergolong kering di mana hanya 4 bulan (Januari sampai dengan Maret dan Desember) yang keadaannya relatif basah dan 8 bulan sisanya relatif kering (Sumba Tengah Dalam Angka,2007).

 

Sumber  : http://www.petantt.com/kabupaten-sumba-tengah/