Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Beranikah pemerintah menindak pelaku pencemaran lingkungan....?

Sumber foto : http://hend-learning.blogspot.com (Pencemaran Air)

Tepatnya hari ini dunia disibukkan untuk memperingati hari raya lingkungan hidup sedunia..., Tak mau kalah indonesiapun sedang disibukkan dengan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan lingkungan hidup, beberapa contoh kegiatan masyarakat indonesia yang berhubungan dengan kegiatan lingkungan hidup adalah aksi menanam pohon, aksi lomba perahu, aksi galang sampah, dan lainnya. Aksi ini biasa dilakukan hanya ketika merayakan hari lingkungan hidup.

Presiden dan wakil presiden Republik Indonesiapun tak mau ketinggalan..., Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Pencanangan Tahun Badan Internasional 2012 di Istana Negara Jakarta.


Dalam sambutannya Presiden berharap peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Pencanangan Tahun Badak Internasional dapat menjadi tonggak sejarah kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya melindungi dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup umat manusia. "Kita juga sepakat untuk melestarikan dan mencegah kepunahan badak yang hanya tersisa di 11 negara," ujar Presiden di Istana Negara Jakarta, Selasa (5/6/2012). Dengan tema yang diusung “Ekonomi Hijau, Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan” ini Presiden menilai pentingnya ekonomi hijau untuk masa depan guna mencapai tiga sasaran besar yaitu ekonomi terus tumbuh dan memberikan lapangan kerja serta mengurangi kemiskinan, tanpa mengabaikan perlindungan lingkungan, khususnya fungsi ekosistem dan keanekaragaman hayati, serta mengutamakan keadilan sosial. (sumber kutipan : http://news.okezone.com ).

Persoalan sekarang ini adalah sudah sangat kronis karena dibeberapa daerah yang konon katanya masih kekurangan air untuk kebutuhan sehari-hari sudah banyak tercemar oleh limbah rumah tangga dan limbah industri, jakarta adalah salah satu potret pencemaran lingkungan di republik ini..., sangat memalukan dan juga sangat memprihatinkan karena jakarta tidak hanya merupakan salah satu kota terbesar / kota metropolitan di indonesia tetapi juga merupakan ibu kota negara republik indonesia. Banyak pencemaran telah terjadi bertahun-tahun tetapi hampir tidak ada tindakan nyata / tindakan yang keras terhadap pelaku pencemaran air disungai. Yang sangat berbahaya sekarang ini adalah pencemaran air dalam bentuk kimiawi yang dilakukan oleh banyak industri rumahan maupun industri perusahaan yang di buang ke sungai karena akan sangat berbahaya terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Ada apa di balik itu semua....., Apakah uang lebih berharga jika dibandingkan dengan nyawa manusia....?