Unkriswina.ac.id

Switch to desktop Register Login

Kuliner Khas Kabupaten Lembata

Kuliner Khas Kabupaten Lembata

JAGUNG TITI, Makanan khas Kabupaten lembata, juga terdapat di Kabupaten Flores Timur dan Kabupate Alor. Memiliki rasa/aroma yang khas seperti kerupuk. Jagung titi merupakan butiran jagung yang ditumbuk menjadi pipih seperti keripik. Proses pembuatan jagung titi dimulai dengan butiran-butiran jagung yang disangrai didalam periuk tanah dengan menggunakan kayu bakar. Bila dalam periuk tanah terdengar bunyi tandanya sudah siap dititi. 3 (tiga) sampai 4 (empat) butir diambil dari periuk dengan tangan tanpa menggunakan alas lalu diletakan di atas batu landasan. Butiran jagung tadi ditumbuk menggunakan batu lonjong seberat lebih kurang 2 kg. diperlukan ketepatan waktu antara meletakan jagung dan menarik telapak tangan agar tidak terpukul. Pada umumnya jenis kuliner ini ditemui di semua desa di Wilayah Kabupaten Lembata karena merupakan makanan khas.

PUTU, Memiliki rasa dan aroma yang khas. Putu adalah jenis makanan yang terbuat dari tepung ubi kayu (tapioca). Proses pembuatan putu ini dimulai dengan mengeringkan potongan-potongan ubikayu. Setelah kering ditumbuk dengan menggunakan lesung lalu di masak dengan campuran parutan kelapa dan gula merah dengan menggunakan kayu bakar. Pada umumnya jenis kuliner ini ditemui di semua desa di Wilayah Kabupaten Lembata karena merupakan makanan khas.

KEBOSE Memiliki rasa dan aroma yang khas. Kebose merupakan jenis makanan yang terbuat dari butiran jagung. Proses pembuatan kebose dimulai merendam butiran-butiran jagung dan setelah itu dimasak dengan campuran santan kelapa dengan menggunakan kayu bakar. Pada umumnya jenis kuliner ini ditemui di semua desa di Wilayah Kabupaten Lembata karena merupakan makanan khas.

KETUPAT & IKAN BAKAR. Memiliki rasa dan aroma yang khas. Ketupat merupakan jenis makanan yang terbuat dari beras. Proses pembuatan beras yang telah dicuci dicampur dengan bumbu dimasukan dalam anyaman pucuk kelapa lalu di masak. Pada umumnya jenis kuliner ini ditemui di semua desa di Wilayah Kabupaten Lembata karena merupakan makanan khas.

TUAK & ARAK. Pada umumnya jenis minuman inii ditemui di semua desa di Wilayah Kabupaten Lembata karena merupakan minuman khas.