Narasi Essay Contest Beswan Djarum 2024

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Ernalinda Ndakularak, mahasiswi semester 6 Program Studi Hukum, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora yang merupakan penerima Djarum Beasiswa Plus periode 2023/2024 (Beswan Djarum Angkatan 39) masuk sepuluh besar dalam ajang Essay Contest tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Djarum Beasiswa Plus/Djarum Foundation.

Essay Contest ini merupakan salah satu kompetisi wajib yang harus diikuti oleh semua Beswan Djarum Angkatan 39. Seleksi dimulai dari tanggal 1-31 Maret 2024, dimana para Beswan Djarum menuliskan gagasan mereka dalam sebuah essay dan dikirimkan di website resmi djarum beasiswa plus. Essay tersebut akan diseleksi oleh juri dari masing-masing regional. Terdapat empat regional, yaitu regional Jakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya. Ernalinda sendiri merupakan Beswan Djarum dari regional Surabaya. Dalam tulisannya, ia mengangkat judul “Pemanfaatan Pangan Lokal Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengatasi Krisis Pangan” dan dibimbing oleh Ibu Maureen Vinalia Plaikoil, S.H,.M.H yang merupakan salah satu dosen di Program Studi Hukum Unkriswina Sumba.

Beswan Djarum regional Surabaya yang mengikuti Essay Contest berjumlah 198 orang. Dari 198 orang tersebut, dipilih 10 orang untuk lanjut mempresentasikan essay nya di  Surabaya pada tangal 24-26 April 2024. Para Beswan Djarum yang masuk 10 besar essay terbaik tingkat regional Surabaya diantaranya:

  1. Tifara Aurelia Shan Diesta, dari Universitas Jember
  2. Ragil Kusnandar Miftakhurrozaq, dari Universitas Jember
  3. Satria Wijaya, dari Universitas Brawijaya
  4. Fania Febriana, dari Universitas Negeri Malang
  5. Felice Marvenda Suteja, dari Universitas Udayana
  6. Ernalinda Ndakularak, dari Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  7. Yuliance Paisei, dari Universitas Negeri Papua
  8. Annisa Artanti Widyadhana, dari Universitas Muhammadiyah Malang
  9. Raihan Lintang Bagas Yuanezra, dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  10. Angelica Gloria Tunarsono, dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara

Kesepuluh beswan tersebut mempresentasikan essay mereka di hadapan para juri di Regional Surabaya untuk diseleksi lagi 3 besar juara regional yang akan melanjutkan presentasi essay di tingkat nasional. Adapun para beswan yang masuk 3 besar juara regional Surabaya dan akan lanjut ke tingkat nasional, diantaranya adalah Tifara Aurelia Shan Diesta dari Universitas Jember, Felice Marvenda Suteja dari Universitas Udayana, dan Raihan Lintang Bagas Yuanezra dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Meskipun Ernalinda tidak lolos dalam 3 besar untuk maju pada tingkat nasional, namun menjadi finalis Essay Contest hingga 10 besar dalam tingkat regional merupakan pencapaian luar biasa dan membanggakan bagi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba khususnya Program Studi Hukum.