Pada tanggal Senin, 21 Oktober 2024, dan Rabu, 23 Oktober 2024, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba melaksanakan kegiatan kuliah praktisi bertajuk “Media Pembelajaran Berbasis Canva.” Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kolaborasi dengan praktisi industri, mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan dunia kerja yang dinamis.
Kuliah praktisi ini diadakan secara daring melalui platform Zoom dan dipimpin oleh dosen pengampu mata kuliah Ibu Yohana Makaborang S.Pd, M.Pd. Dengan menghadirkan narasumber berpengalaman, yaitu Ibu Rahmi Aprilawati, CEO CV. Wardhana, mahasiswa berkesempatan belajar langsung dari praktisi di bidang media pembelajaran. Ibu Rahmi membawakan materi tentang penggunaan Canva, sebuah aplikasi desain grafis populer, untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik.
Sebagai bagian dari pendanaan PKKM, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengakses keterampilan praktis yang sangat relevan dengan profesi pendidik, di mana penguasaan teknologi menjadi keterampilan penting. Mahasiswa diperkenalkan pada berbagai teknik dasar desain menggunakan Canva, seperti pembuatan infografis, pemilihan warna dan elemen visual yang tepat, serta cara menyusun layout untuk materi ajar. Selain itu, mahasiswa diajarkan bagaimana membuat konten visual yang efektif dan mampu menarik minat belajar peserta didik.
Kegiatan kuliah praktisi dibagi menjadi dua pertemuan. Pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Senin, 21 Oktober 2024, pukul 13:30 hingga 16:00 WITA untuk Kelas B, yang diikuti oleh 45 dari total 56 mahasiswa. Sementara itu, pertemuan kedua diselenggarakan pada hari Rabu, 23 Oktober 2024, pukul 12:20 hingga 14:40 WITA untuk Kelas A, dengan partisipasi 51 dari total 55 mahasiswa yang terdaftar. Kedua sesi ini mendapat respons positif dari mahasiswa yang sangat antusias belajar teknik desain dalam pembuatan media pembelajaran.
Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung dengan menggunakan Canva dan diminta untuk membuat media pembelajaran sederhana yang sesuai dengan bidang studi mereka. Aktivitas ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan keterampilan mereka dalam menciptakan materi ajar yang inovatif dan mudah dipahami. Mahasiswa menyampaikan bahwa Canva sangat berguna dalam membuat visual yang menarik dan dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
Sebagai salah satu program yang didanai oleh PKKM, kegiatan ini memiliki dampak positif dalam memperkuat sinergi antara pendidikan tinggi dan dunia industri, memberikan wawasan nyata bagi mahasiswa, serta membantu mereka menguasai keterampilan yang dibutuhkan dalam era digital. Dengan bekal ini, mahasiswa diharapkan mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih dinamis, kreatif, dan berdaya saing.