Gelar Webinar Social Entrepreneurship, SMU Unkriswina Sumba Hasilkan Rencana Tindak Lanjut

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Sabtu, (21/05/2022). Senat Mahasiswa Unkriswina (SMU) Sumba selenggarakan webinar Entrepreneur. Webinar bertajuk “Social Entrepreneur : Spirit And Challenge” diselenggarakan melalui zoom meeting yang diikuti oleh sebanyak 150 peserta. Webinar ini dimulai pada pukul 09.00 WITA hingga pukul 13.00 WITA. 

Sebagai penanggungjawab kegiatan, Ketua Senat Mahasiswa Unkriswina Sumba Julian Ndima dalam sambutan pembuka mengatakan bahwa wirausaha itu sebaiknya berdampak sosial. 

“Social Entrepreneurship atau kewirausahaan sosial adalah konsep yang sangat menarik dan hendaknya konsep ini diterapkan dalam wurausaha. Jadi kewirausahaan sosial itu adalah konsep wirausaha yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi. Orientasi bisnis tentu saja adalah uang namun didalamnya harus mengutamakan dampak sosial baik dan mengatasi masalah sosial.” kata Julian. 

Julian menambahkan bahwa wirausaha sesungguhnya adalah aksi nyata. “Sejujurnya saya sudah berulangkali mengikuti webinar-webinar tentang wirausaha, namun yang saya amati adalah teori saja dan belum ada aksi nyata atau minimal rencana tindak lanjut dari webinar. Melihat hal tersebut, maka bagi saya kurang pas rasanya jika konsep seperti ini terus kita pelihara sehingga harus ada terobosan aksi nyata dari webinar yang diselenggarakan.” 

Lebih lanjut Julian mengatakan bahwa webinar kali ini mempunyai rencana tindak lanjut yang jelas. “Menindaklanjuti apa yang saya sampaikan sebelumnya, maka webinar yang kita ikuti pada saat ini tentu saja memiliki rencana tindak lanjut. Penting untuk saya sampaikan kepada kita sekalian bahwa nanti Senat Mahasiswa Unkriswina Sumba akan meluncurkan program Entrepreneur Challenge. Jadi konsep kegiatan ini adalah pembiayaan atau pemberian modal usaha kepada kelompok mahasiswa. Mahasiswa cukup menyiapkan ide wirausaha yang menarik dan tentu saja berdampak dan kemudian SMU Sumba akan memberi modal setelah melalui beberapa tahapan yang telah ditentukan.” Pungkas Julian.