Kuliah Praktisi pada mata kuliah Media Pembelajaran Mengusung Tema “Tren Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran”

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Dunia pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Salah satu cara untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan adalah dengan cara menggunakan teknologi yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Kecanggihan teknologi informasi saat ini menuntut kita untuk terus mengikuti kemajuannya. Kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi yang bisa diterapkan dalam pendidikan yakni dengan menerapkankan media pembelajaran. Menggunakan media pada saat belajar dapat menumbuhkan minat, motivasi, dan juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta memudahkan penyampaian informasi. Media pembelajaran telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain memotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa, manfaat dari media pembelajaran juga memudahkan penyampaian materi, dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, waktu belajar lebih singkat, kualitas belajar dapat meningkat, proses belajar lebih fleksibel, serta menambah pengalaman belajar siswa, Mengatasi sikap pasif siswa dalam belajar, guru dapat menggunakan media pembelajaran agar membuat suasana pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan, lebih tertarik, santai, tidak tertekan, munculnya minat dan semangat belajar, serta adanya keterkaitan antara guru dengan siswa yang membuat pusat perhatian siswa menjadi terarah, dan dapat meningkatkan konsentrasi siswa. Akan tetapi dalam memilih media pembelajaran juga harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, dimana media pembelajaran dapat memberi perubahan terhadap motivasi belajar siswa, semakin dekat media yang digunakan dengan karakteristik siswa, maka semakin besar pula perubahan motivasi yang disebabkan media itu sendiri. Sejalan dengan fungsi media pembelajaran yaitu untuk memudahkan dalam penyampaian informasi maka media yang digunakan sebaiknya sesuai dengan kondisi dan situasi siswa.

Dizaman modern ini guru maupun siswa diharapkan dapat mengasah kreatifitas dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari. Kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai srategi pembelajaran dan memanfaatkan sumber-sumber alat media pembelajaran juga mendorong untuk menjamin efektifitas . Dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dapat mempercepat pemahaman siswa dalam belajar. Pembelajaran matematika dikenal hanya dilakukan dengan cara guru mengajarkan rumus dan prosedur. Hal ini membuat siswa merasa kurang termotivasi dalam belajar matematika. Tidak sedikit siswa mengatakan bahwa pembelajaran matematika itu sangat menakutkan, membosankan, sulit dan tidak menarik. Masih sering dijumpai bahwa guru masih menggunakan metode ceramah (konvesional)/ guru sebagai sumber informasi. Hal itu menyebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika. Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk papan tulis bukan lagi menjadi media terbaik pada proses belajar, hal ini dikarenakan papan tulis memiliki batasan yang cukup banyak. Banyak siswa yang lebih suka bermain saat kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang memahami dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan guru dikarenakan media yang digunakan guru masih berupa buku pegangan dan papan tulis. Oleh karena itu perlunya perubahan dalam proses pembelajaran matematika supaya matematika dipandang sebagai pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, bukan menjadi pembelajaran yang dipandang sulit, menakutkan serta membosankan. Asumsi siswa tentang matematika itu sulit, matematika itu banyak rumus, matematika itu menjadikan kepala pusing dan banyak aggapan negatif lainnya. Untuk mengubah anggapan-anggapan itu, guru matematika

harus kreatif dan inovatif dalam manyampaikan materi pembelajaran. Solusi untuk membuat belajar matematika menjadi menyenangkan adalah dengan membuat sebuah pembelajaran yang menarik. Cara membuat pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bisa dilakukan dengan cara membuat media pembelajaran, sehingga dalam kuliah praktisi ini diharapkan membahas khusus tentang tren media pembelajaran yang dapat dibawakan guru dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran seperti apa yang worth it untuk dibawakan pada zaman milenial sekarang ini.

Adapun narasumber dalam perkuliahan ini adalah ibu Erlina Prihatnani, S.Pd., M.Pd. beliau merupakan Dosen Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Perkuliahan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2025 secara daring dan dihadiri oleh dosen pengampuh mata kuliah media yakni ibu Elsy Senides Hana Taunu, S.Pd., M.Pd dan 32 mahasiswa yang program mata kuliah media pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *