Workshop Pembelajaran Inovatif FKIP: Mengintegrasikan Teknologi Terkini untuk Kualitas Pembelajaran yang Lebih Baik

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Pada hari Senin, 4 November 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sukses menggelar workshop dengan tema “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Praktik Inovatif”. Kegiatan yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting ini menghadirkan Prof. Dr. R. Poppy Yaniawati, M.Pd dari Universitas Pasundan sebagai narasumber utama. Workshop ini berlangsung mulai pukul 11.00 hingga 13.00 WITA dan diikuti oleh 15 dosen dari FKIP serta 2 dosen tamu dari luar FKIP.

Dalam pemaparannya, Prof. Poppy Yaniawati menekankan pentingnya inovasi dalam pembelajaran, khususnya dengan mengadopsi teknologi terkini seperti Big Data, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), dan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Menurutnya, penggunaan teknologi ini dapat memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan keterlibatan peserta didik.

Prof. Poppy juga memperkenalkan beberapa model pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi, seperti Project-Based Learning (PjBL), di mana peserta didik diajak untuk menyelesaikan masalah nyata menggunakan teknologi terkini, serta Flipped Classroom yang memungkinkan peserta didik mempelajari materi sebelum kelas sehingga waktu di kelas dapat dimaksimalkan untuk diskusi dan praktik.

Selain itu, pendekatan STEAM yang diperkenalkan bertujuan menggabungkan kreativitas dan kemampuan analitis peserta didik. Ini diharapkan dapat mendorong keterampilan berpikir kritis dan inovasi melalui berbagai proyek nyata yang melibatkan elemen sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika.

Kegiatan workshop ini diharapkan menjadi langkah awal bagi FKIP untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan melalui penerapan praktik pembelajaran yang lebih adaptif dan relevan dengan era digital. Melalui pemanfaatan teknologi, FKIP berkomitmen menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan belajar generasi saat ini.