Lokakarya Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unkriswina Sumba Tahun 2024

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Unkriswina Sumba selama ini terbagi atas tiga bagian, yaitu KKN Reguler yang dilaksanakan dalam 1 bulan, KKN Tematik (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) yang dilaksanakan dalam waktu 4 bulan dan KKN Internasional yang dilaksanakan dalam waktu 3 minggu, untuk dapat melaksanakannya, maka Unkriswina Sumba harus dapat merancang sebuah pembelajaran melalui KKN di Pulau Sumba, dan lebih memiliki dampak dalam mengembangkan desa-desa mitra, secara khusus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desa tersebut. Misalnya, meningkatkan kualitas SDM dalam mengolah dan memasarkan sumber daya alam yang ada seperti sumber daya perikanan, peternakan dan pertanian.

Melalui kegiatan KKN Tematik, maka akan terdapat sinergi antara universitas dengan DUDI, dan juga Pemerintah Daerah. Di sisi lain, matakuliah ini dapat menjadi daya tarik bagi mahasiswa inbound untuk datang ke Unkriswina Sumba. Terdapat 11 Mitra guna menjalankan kegiatan ini, yaitu: 3 Desa: Desa Kuta, Desa Hambapraing, dan Desa Mondu. Pemda Kabupeten Sumba Timur, yaitu: 6 dinas, yaitu: Dinas Pariswisata, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. 3 LSM, yaitu: Sumba Integrated Development (SID) dan CD Bethesda.

Unkriswina Sumba dalam mengembangkan KKN Tematik melalui program MB-KM yang dilaksanakan dengan durasi waktu yang panjang (4 bulan), sehingga lebih berdampak bagi masyarakat Sumba, selain itu juga, kegiatan KKN Tematik harus menggambarkan nilai-nilai penciri dari Unkriswina Sumba itu sendiri. Oleh karena itu, diadakan sebuah lokakarya Penyusunan Recana Pembelajaran Semester (RPS) KKN Tematik Unkriswina Sumba tahun 2024 pada 19 September 2023 dengan narasumber Prof. Dr. Sri Setyarini, M., A., Ling yang merupakan dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Lokakarya ini terlaksana dengan pendanaan hibah dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Lokakarya berlangsung dengan penyampaian materi, kemudian diikuti dengan diskusi antara narasumber dengan peserta lokakarya. Materi diawali dengan penyampaian visi dan misi Unkriswina Sumba yang menjadi pedoman bagi penyusunan RPS KKN tematik. Kemudian penyampaian contoh keberhasilan KKN Tematik. Kegiatan diakhiri dengan diskusi terkait penentuan tema beserta sub-tema dari KKN Tematik Unkriswina Sumba yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Sri Setyarini, M., A., Ling.

Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Sri Setyarini, M., A., Ling.

Sesi diskusi antara peserta dengan narasumber.

Sesi foto bersama narasumber dengan peserta lokakarya.