FKIP Unkriswina Sumba Dukung Pelaksanaan Festival Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 6 di SD Inpres Kawangu 2

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 SD Inpres Kawangu 2 menyelenggarakan Festival Literasi dan Numerasi dengan tema: “Berani Beraksi Dengan Kolaborasi, Terus Bergerak Lampaui Batas Diri”. Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi KM 6 ini dilakukan selama dua hari, yakni tanggal 23 – 24 November 2023, dengan puncak acara pada tanggal 24 November 2023. Pada tanggal 23 November 2023 diselenggarakan beberapa kegiatan perlombaan literasi dan numerasi. 

Sedangkan pada tanggal 24 November 2023 dilakukan beberapa kegiatan seperti:

  • Tarian tradisional Sumba Timur oleh siswi SDI Kawangu 2
  • Talk show antar MC, Ibu Kepala SDI Kawangu 2, dan DPL Kampus Mengajar Angkatan 6
  • Penampilan kegiatan ekstrakurikuler siswa yakni, membaca puisi, mendongeng, storytelling, dance, solo, dan vocal group
  • Pameran hasil program kerja Mahasiswa KM 6 Seperti majalah dinding, deklarasi sosialisasi anti bullying, serta media ajar literasi dan numerasi.
  • Pameran hasil karya siswa dan produk literasi sekolah.
  • Pameran media ajar numerasi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Wira Wacana Sumba.
  • Pameran media ajar IPA oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Wira Wacana Sumba..
  • Pembagian hadiah lomba bagi peserta lomba literasi dan numerasi Kampus Mengajar Angkatan 6. 
  • Suguhan pangan lokal oleh orangtua siswa SDI Kawangu 2

Ibu Kepala SDI Kawangu 2, Luya Kupang, S.Pd. dalam sambutannya mengucapkan limpah terima kasih atas terlaksananya program kampus mengajar di sekolah tersebut. Sebab, program Kampus Mengajar sangat membantu sekolah melalui program-program yang telah dibuat, sehingga membantu meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Beliau juga menyampaikan harapan agar program Kampus Mengajar ini tetap ada untuk membantu sekolah-sekolah lain di Sumba Timur, dan bahkan seluruh Indonesia. 

Sedangkan Ibu Guru Pamong, Anandiha Maramba Lodji, S.Pd. menyampaikan kesan dan pesannya atas kontrubusi mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 bagi sekolah. “Salah satu bukti keberhasilan program mahasiswa KM 6 di SD Inpres Kawangu 2 adalah dengan berjalannya kegiatan Festival Literasi dan Numerasi ini. Juga dapat dilihat pameran hasil program adik-adik mahasiswa seperti, majalah dinding, deklarasi anti bullying, serta media ajar literasi dan numerasi untuk sekolah ini. Program Kampus Mengajar, mantap dan luar biasa”. 

Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi sekolah ini disambut dengan antusias yang besar oleh warga sekolah SDI Kawangu 2, Ketua Komite SDI Kawangu 2, Orangtua murid siswa SDI Kawangu 2 dan Lembaga instansi terdekat yakni Universitas Wira Wacana Sumba. Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi sekolah ini sebagai bukti aksi kolaborasi dan hubungan baik sekolah dengan Universitas terdekat. Hal ini karena Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi dan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika turut meramaikan kegiatan festival tersebut melalui kegiatan pameran alat peraga matematika dan biologi.