Kuliah Praktisi Hukum Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam di Unkriswina Sumba Mendorong Kolaborasi antara Kampus dan Praktisi

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Program Studi Hukum di Universitas Kristen Wira Wacana Sumba (Unkriswina Sumba) telah sukses melaksanakan kuliah praktisi dalam mata kuliah Hukum Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya universitas dalam mengimplementasikan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM) guna meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga/instansi yang memiliki peran penting dalam berbagi ilmu dan pengalaman.

Kuliah praktisi ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan praktisi yang berpengalaman dalam bidang perlindungan dan konservasi sumber daya alam. Dalam kesempatan kali ini, Direktur WALHI NTT, Bapak Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi, S.Sos, menjadi narasumber dan berbagi pengetahuan mengenai “Pariwisata Berkelanjutan dan Berkeadilan di Nusa Tenggara Timur”.

Kuliah praktisi Hukum Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam berlangsung pada Selasa, 20 Juni 2023 secara hybrid. Mahasiswa dari Program Studi Hukum hadir secara langsung di aula kampus, sementara beberapa mahasiswa lainnya mengikuti kuliah melalui platform virtual. Beberapa topik penting yang dibahas dalam kuliah praktisi ini meliputi ketimpangan tata kuasa dalam konteks agraria, berkurangnya wilayah tata kelola/produksi rakyat, meningkatnya kemiskinan, ketidakadilan pemanfaatan sumber daya alam, meningkatnya ketidakadilan antar generasi, timbulnya kerusakan lingkungan, berkurangnya keanekaragaman hayati, meningkatnya produksi sampah/polusi, serta pentingnya regulasi/kebijakan dalam pengelolaan sumber daya alam.

Kegiatan kuliah praktisi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa Program Studi Hukum, Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Humaniora di Unkriswina Sumba. Melalui kolaborasi antara universitas dan praktisi di lapangan, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai tantangan dan isu-isu terkini dalam perlindungan dan konservasi sumber daya alam. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat menjadi lulusan yang siap menghadapi dunia kerja dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat serta keberlanjutan lingkungan.

Universitas Kristen Wira Wacana Sumba terus berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang relevan dan terhubung dengan dunia nyata. Melalui kegiatan seperti kuliah praktisi ini, universitas berupaya menjembatani kesenjangan antara dunia kampus dengan dunia praktisi, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang mereka butuhkan untuk sukses di masa depan.

C:\Users\LENOVO\Downloads\20230620_081724.jpg
C:\Users\LENOVO\Downloads\20230620_082511.jpg
C:\Users\LENOVO\Downloads\Slide 1 Praktisi Mengajar (1).png
C:\Users\LENOVO\Downloads\Slide 2 Praktisi Mengajar (1).png